*

Blog

Books

  • 21

friends

catatan kecil

anda tidak perlu ragu dengan yang nada punyai , dengan yang anda punyai , kalau pun toh itu lebih sedikit dibanding dengan yang teman anda punyai ? percayalah itu bukanlah sebuah hal yang akan menghambat kita.....

tinggal bagaimana kita mengolah, memproses, dan menggunakannya untuk menjadikan yang sedikit menjadi sesuatu yg besar...!!!!!!

dengan tekat yg kuat , dan niat yg benar.... INSYA'ALLOH , Alloh akan memberi jalan yang terbaik , sesuai dengan yang kita inginkan.......

pengunjung

sejarah lagu Jali-Jali dari jakarta

Rabu, 10 November 2010 - - 0 Comments

Jali (Coix lacryma-jobi L.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.
Ada dua varietas yang ditanam orang. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai manik-manik. Coix lacryma-jobi var. ma-yuen dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

Walaupun sekarang jali nyaris tidak lagi dikonsumsi, tumbuhan ini masih dikenal orang, seperti dalam lagu gambang kromong "Jali-jali". Di perdagangan internasional ia dikenal sebagai Chinese pearl wheat (gandum mutiara Cina), walaupun ia lebih dekat kekerabatannya dengan jagung daripada gandum.

This entry was posted on 04.57 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: